Berita  

Kesiapan Sirkuit Mandalika Sambut WSBK dan MotoGP

Sirkuit Mandalika. Sumber: Screenshot youtube MGPA

Timurterkini.comIndonesia akan menjadi tuan rumah ajang balapan internasional. Yang terdekat ada Asia Talent Cup (ATC) dan World Superbike (WSBK) yang akan digelar di Sirkuit Jalan Raya Mandalika, pada November 2021. Seemntara untuk MotoGP akan digelar Tahun depan musim 2022.

Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) akan melakukan homologasi di Sirkuit Mandalika sepekan sebelum gelaran World Superbike (WSBK).

Informasi itu disampaikan oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA), yang menyebut bahwa pihaknya yakin FIM bakal melakukan homologasi sepekan sebelum dua kejuaran balap motor bergengsi digelar di Sirkuit Mandalika.

“Kami sangat yakin bahwa akan ada homologasi satu minggu sebelum balapan Asian Talent Cup pada 11-12 November, dan WSBK pada 17-18 November,” kata Dyan Dilato, selaku Direktur Operasional dan Olahraga MGPA dikutip dari Antara.

Sementara itu direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto, mengatakan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) memuji Sirkuit Mandalika. FIM memuji kualitas aspal di Sirkuit Mandalika.

“Untuk materi sirkuit, sirkuit sendiri kita alhamdulillah FIM bilang bahwa ini adalah sirkuit dengan aspal terbaik di dunia. Ini sebuah pencapaian buat Indonesia, saya rasa ini yang patut kita banggakan. Dan dikerjakan oleh hampir sebagian besar 95% adalah lokal Indonesia,” ujar Hapy.

Harga tiket untuk WSBK telah diumumkan harganya mulai dari Rp 795.000 sampai Rp 2 jutaan. Secara persiapan, trek sudah diaspal seluruhnya, hanya tinggal pengecatan saja, begitu juga dengan bangunan penunjang sirkuit sudah masuh tahap finishing.

MGPA juga sedang melakukan percepatan untuk pembangunan garasi modular. Semua peralatannya dalam perjalanan dan akan terpasang sekaligus dengan listrik, telekomunikasi, termasuk ruang kontrol balapan (race control) dilengkapi sistem pengaturan waktu, televisi sirkuit tertutup (CCTV), dan LED yang didatangkan dari luar negeri.