Berita  

Cek HP Anda, Hari Ini 52 HP Android dan iPhone Tak Bisa WhatsApp

Ilustrasi. Dok. Istimewa

Timurterkini.comHari ini sekitar 52 model ponsel (handphone/HP) yang masih menjalankan sistem Android 4.0.4 atau iPhone dengan iOS 4 tak bisa lagi gunakan Aplikasi pesan instan WhatsApp.

HP yang diblokir WhatsApp merupakan HP yang sudah masuk kategori lawas. WhatsApp mengklaim penghentian dukungan untuk model lama ini agar menjaga aplikasi pesan instan itu tetap aman dan terlindungi.

Blokir tersebut dipastikan membuat lebih dari 50 tipe HP tersebut bakal kehilangan akses untuk menggunakan aplikasi perpesanan milik raksasa teknologi, Facebook tersebut.

Melalui situs resminya, WhatsApp menyebut hanya mengizinkan perangkat ponsel dengan sistem operasi minimal Android 4.0.4 atau pada iPhone dengan iOS 9 untuk tetap bisa mengakses aplikasi tersebut.

“WhatsApp tidak akan lagi mendukung ponsel Android yang menjalankan OS 4.0.4 atau yang lebih lama dari 1 November 2021. Ponsel Android Anda harus menjalankan OS 4.1 atau yang lebih baru,” ungkap aturan WhastApp di situs resminya seperti dikutip CNNIndonesia.com pada Minggu (31/10).

Meski demikian, hal ini tak membuat pengguna jadi tidak bisa menggunakan WhatsApp. Bila sistem Android atau iOS tak sesuai dengan standar minimum WhatsApp.

Pengguna sebenarnya tetap bisa menggunakan aplikasi. Namun, pengguna tersebut tidak mendapat pembaruan sistem keamanan dari perusahaan. Selain itu, pengguna juga tak bisa menggunakan fitur-fitur terbaru Whatsapp.