Berita  

Dandim 1420 Sidrap Buka Kejuaraan Bumi Nene Mallomo

Dandim 1420 Sidrap Buka Kejuaraan Bumi Nene Mallomo
Dandim 1420 Sidrap gelar Pencak Silat Cup I. (Dok: Wawan/Timurterkini.com)

Sidrap, Timurterkini.com – Kejuaraan Bumi Nene Mallomo Pencak Silat Cup I, pra remaja dan dewasa se-Kabupaten Sidrap, dilaksanakan di Gedung Juang 45 Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Majjelling, Kecamatan Maritengae, Kabupaten Sidrap, Jum’at (24/02/2023).

Pencak silat adalah seni bela diri tradisional asli Indonesia. Teknik dasarnya meliputi kuda-kuda, sikap pasang, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, kuncian, guntingan dan sikap berbaring. Pencak silat termasuk ke dalam jenis beladiri tradisional yang berasal dari Indonesia.

Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, membuka langsung kejuaraan Bumi Nene Mallomo Pencak Silat Cup I.

“Sebagai warisan leluhur, pencak silat menjadi jati diri bangsa Indonesia dan sudah sepantasnya jika pencak silat diajarkan kepada seluruh masyarakat, bahkan bila perlu sejak usia dini demi menjaga kelestarian pencak silat itu sendiri,” bebernya kepada wartawan Timurterkini.com.

Sebagai gambaran, kata dia, kepada kita semua, bahwa bangsa Cina bangga dengan seni bela diri kungfu, Jepang bangga dengan tinju, Thailand bangga dengan seni bela diri Muay Thai dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Sedangkan Indonesia sudah ditetapkan 7 aliran pencak silat yang dinobatkan sebagai warisan budaya pada sidang ke-14 oleh PBB di Bogota, Kolombia pada tanggal 9-14 Desember 2019. Oleh karena itu, melalui kesempatan ini saya ucapkan terimakasih kepada seluruh komponen yang terlibat yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pemikirannya untuk melestarikan pencak silat dengan digelarnya pertandingan seperti ini,” ungkapnya.

“Saya atas nama Kodim 1420/Sidrap menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya Atas atas terlaksananya kejuaraan ini. Semoga kejuaraan ini bisa menjadi agenda rutin sebagai upaya untuk melestarikan pencak silat di kabupaten Sidrap,” pungkasnya.