Berita  

Ribuan Masyarakat Koltim Tumpah Ruah Ikuti Pelepasan Calon Jemaah Haji

Ribuan masyarakat dari berbagai wilayah di Kabupaten Kolaka Timur ikut menyaksikan keberangkatan Calon Jemaah Haji menuju Bandara Halu Oleo Kendari. (Dok: Rahman M/Timurterkini.com)

Koltim, Timurterkini.com – Ribuan masyarakat Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) berasal dari berbagai Kecamatan, tumpah ruah dihalaman Rujab Bupati Koltim, Senin (12/06/2023), pagi.

Kehadiran masyarakat ini tak lain untuk ikut serta menyaksikan dan mengantar 179 Calon Jemaah Haji (CJH) Koltim Tahun 2023.

Rombongan CJH diberangkatkan ke Bandara Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dan selanjutnya diterbangkan menuju Embarkasi Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa, melepas CJH didampingi Kepala Kemenag Koltim, H Muhammad Kadir Azis Al Yafie, Ketua BKPRMI Koltim, Drs H Baharuddin.

Dihadapan seluruh CJH, Sekda Koltim menyampaikan salam Bupati Kolaka Timur, Abd Azis serta menyampaikan pesan agar menjaga kesehatan saat berada di tanah suci.

“Salam hormat dari pak Bupati, pesan beliau agar kita selalu bersama-sama jaga kesehatan, jaga nama baik Kolaka Timur, laksanakan semua rukun dan sunnah dengan baik, sehingga bisa menjadi haji mabrur,” kata Andi Muh Iqbal disaksikan laman ini.

Bupati berpesan agar semua CJH mendoakan daerah dan pemerintahan ini agar Kolaka Timur ini terus berkembang, bisa lebih maju, sejahtera lebih baik dari daerah lain.

“Mari doakan daerah kita agar bisa lebih maju dan sejahtera,” bebernya.

Sementara kepada para pengantar, ia mengimbau untuk tidak melakukan konvoi yang bisa mengganggu perjalanan enam bus tersebut.

“Imbauan itu dilakukan agar perjalanan menjadi lancar dan bisa sampai ke bandara tepat waktu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dari total enam bus ini memuat 179 CJH yang terbagi dua kelompok terbang (kloter). Yakni kloter 30 dan 31. Sedang 49 CJH tambahan, baru akan diberangkatkan pada 19 Juni mendatang.

Dengan demikian, jumlah CJH Koltim tahun ini adalah 228, yang merupakan jamaah terbesar sejak Koltim terbentuk. Dan masuk terbesar ketiga di Sultra setelah Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka.