Berita  

Habis Liat Pembibitan Pisang Celavendish, Kini Lihat Pembibitan Sukun

OPD Pemprov Sulbar yang berkunjung bersama Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, Sekprov Sulbar Muhammad Idris serta Kepala Dinas berkunjung ke pembibitan sukun di kabupaten Bone, Sulsel, Minggu (26/5/24).

Bone, Timurterkini.com — Hari kedua berakhir pekan, Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sulbar, kini lihat pembibitan sukun, Kabupaten Bone, Provinsi Sulsel.

Kabupaten Bone merupakan salah satu penghasil sukun terbesar di tanah air. Bahkan Sukun dari Bone dikenal sebagai yang terbaik di Sulawesi Selatan. Varietas Sukun di Bone adalah Sukun kecil (Sukun kuning), Sukun gundul, dan Sukun medium.

Saat menjabat di Sulawesi Selatan, Pj Bahtiar Baharuddin tetap mendorong masyarakat di Sulawesi Selatan untuk menanam sukun. Bahkan di Kabupaten Bone sendiri, Pj Bahtiar bermaksud untuk menjadikan sebagai daerah sentra penghasil sukun. Saat di Sulsel Pj Bahtiar mencanangkan penanaman sukun hingga 3 juta pohon.

Sementara itu pada hari kedua  Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin mengajak Sekprov Muhammad Idris dan jajaran Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sulbar ke lokasi pembibitan pohon sukun di Bone, Minggu, (26/5/24).

“Hari ini saya datang ke sini saya bawa jajaran Pemprov Sulbar, secara administrasi pindah tempat tapi jiwanya tetap di sini. Saya tidak akan pernah berhenti kapanpun, saya tetap menghibahkan diri untuk seluruh daerah. Selalu saya sampaikan Sulbar dan Sulsel itu berbeda administrasi provinsinya, tapi tanahnya baku sambung, manusianya dan alamnya baku sambung. Jadi tidak pernah terpisah itu,” kata Bahtiar.

Ia menambahkan pembibitan sukun ini sudah bersertifikat yang tentunya akan dikembangkan juga di Sulbar.

“Bahkan di Indonesia hanya kita yang punya ini pembibitan sukun di Sulawesi. Nanti kami akan melakukan pembibitan juga di Sulbar,” tambahnya.

Tim akan bergerak yang sudah dibentuk dan akan diajari pengembangan pohon sukun agar lebih banyak lagi di Sulbar.