Berita  

Pemprov Sultra Bakal Lantik PJ Bupati Kolaka dan Konawe Besok

Kolaka, Timurterkini.com Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) akan melaksanakan pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Kolaka dan Konawe pada esok hari, 15 Agustus 2024. Pelantikan tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sultra, Asrun Lio.

“Pelantikan besok, Pj Gubernur Sultra yang akan menyerahkan SK tersebut dan nanti beliau akan menyampaikan ke kami, termasuk menyiapkan pelantikan,” kata Sekda Asrun Lio, Rabu (14/8/2024).

“Ada dua yang akan di lantik, tapi kalau tanya siapa? Yah kita belum tau. SK nya kan dipegang langsung oleh Pj,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Setda Sultra, Muliadi juga membenarkan bahwa Pj bupati Konawe dan Kolaka akan dilantik Kamis (15/8/2024) besok.

“Iya, besok. (pelantikan Pj Bupati Konawe dan Kolaka)” ujar Muliadi (14/8/2024).

Adapun terkait nama penjabat yang dilantik, Kepala Biro Pemerintahan Setda Sultra juga belum bisa menyampaikan secara detail, karena belum menerima informasi.

“Belum ada info, baru kami akan koordinasikan dengan protokoler,”ucapnya.

Muliadi juga menyebut bahwa kehadiran Pj Bupati yg baru ini adalah wujud penerapan peraturan perundang-undangan yg berlaku, khususnya UU NO. 32 Tahun 2014.

Tentang pemerintahan Daerah, dalam hal ini untuk mengisi kekosongan jabatan pemerintahan di Kabupaten.

Mereka yang ditunjuk sebagai Pj Bupati merupakan putra terbaik dan telah diseleksi di Tim Pengkaji Akhir terhadap Kelayakan untuk Penetapan Pj Bupati.

Sehingga masyrakat diharapkan agar tetap tenang dan menjaga ketentraman serta ketertiban dan tetap memberikan dukungan kepada PJ Bupati yg baru.

Seperti di ketahui, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba telah pensiun pada 1 Agustus 2024 lalu, sehingga untuk mengisi kekosongan jabatan, Pj Gubernur Sultra menunjuk pelaksana harian atau Plh yakni Sekda Konawe.

Sedangkan, Pj Bupati Kolaka mengajukan pengunduran diri pada 17 Juli 2024 lalu. Pengunduran diri tersebut dikabarkan karena akan mengikuti kontestasi Pilkada 2024 di Kabupaten Kolaka.