Berita  

Kapolres Tana Toraja Tekanan 11 Pedoman Tugas Personel, Saat Apel Sispamkota

Kapolres Tana Toraja AKBP Malpa Malacoppo saat mengecek personel Polres Tana Toraja pada apel gelar pasukan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Praja 2024, jelang Pilkada serentak di Plaza Kolam Makale, Kamis, (15/8/24). (Dok.Zul/Timurterkini.com)

Tana Toraja, Timurterkini.comKapolres Tana Toraja pimpin apel gelar pasukan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Praja 2024, jelang Pilkada serentak di Plaza Kolam Makale, Kamis, (15/8/24).

Kegiatan ini untuk memastikan kesiapan personil Polres Tana Toraja dalam mengantisipasi dan menangani berbagai potensi kerawanan yang mungkin muncul selama tahapan Pilkada serentak 2024.

Kapolres Tana Toraja AKBP Malpa Malacoppo, menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengawal dan mengamankan jalannya Pilkada, mulai dari tahap perencanaan sampai dengan purna pelaksanaan, serta mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif khususnya Kabupaten Tana Toraja.

“Karena untuk mewujudkan Pilkada aman, lancar, damai, senang dan gembira adalah harapan kita semua, untuk itu seluruh stakeholder dan elemen masyarakat harus mendukung dan bersinergi,” terangnya.

Iapun menghimbau seluruh masyarakat Tana Toraja dan semua pihak terkait dengan penyelenggara, untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam mewujudkan dan memelihara kondusifitas kamtibmas selama pelaksanaan Pilkada.

Diakhir amanatnya Kapolres juga menekankan kepada seluruh personel Polres Tana Toraja, 11 poin yang menjadi pedoman saat bertugas dalam Operasi Mantap Praja 2024 ini, diantaranya:

  1. Pastikan seluruh personil dan peralatan yang digunakan dalam mendukung operasi telah siap secara optimal.
  2. Deteksi dini terhadap potensi ancaman yang dapat mengganggu kamtibmas.
  3. Selalu update informasi dan situasi dilapangan.
  4. Pastikan pengawalan logistik pilkada mulai dari distribusi hingga pengumpulan Kembali secara ketat dan cermat.
  5. Pastikan seluruh TPS mendapatkan pengamanan yang memadai.
  6. Bantu fasilitas kelancaran pemungutan suara .
  7. Siapkan fisik dan mental serta disiplin dalam menjalankan tugas.
  8. Kenali dan kuasai wilayah tugas dan laksanakan tanggung jawab sebaik-baiknya dengan mengedepankan profesionalitas dan proporsionalitas, serta senantiasa bersikap tegas dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas.
  9. Pegang teguh komitmen netralitas dan integritas.
  10. Tingkatkan sinergitas dengan melakukan koordinasi, Kerjasama dan komunikasi yang baik antar instansi dan stakeholder terkait serta seluruh komponen dan elemen Masyarakat.
  11. Tetap waspada terhadap upaya – upaya pihak tertentu yang ingin mengacaukan atau menghambat pilkada.