Kenali Risiko Mandi di Malam Hari

Ilustrasi pria mandi. Dok: Freepik.com

Timurterkini.com – Ada informasi yang beredar soal bahaya mandi di malam hari. Kebiasaan ini disebut-sebut bisa memicu masalah kesehatan dan berdampak buruk bagi tubuh manusia.

Banyak orang yang percaya bahwa mandi di malam hari bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun, hal itu belum terbukti sepenuhnya. Masih belum banyak penelitian yang membuktikan dampak bahaya dari mandi malam.

Meski begitu, bukan berarti hal ini bisa dijadikan kebiasaan dan sering dilakukan. Sering mandi malam dikhawatirkan bisa mengganggu kondisi tubuh, sehingga rentan terserang penyakit.

Mengutip Hellosehat.com. Mandi di malam hari sebenarnya bermanfaat, termasuk membuat tubuh menjadi lebih bersih dan segar, sehingga tidur pun lebih nyaman. 

Bila Anda baru saja tiba di rumah sehabis bepergian, mandi dapat membantu membersihkan debu, polusi, dan virus-virus yang terbawa dari luar.

Namun, dalam keadaan tertentu, ada beberapa efek mandi malam yang perlu Anda waspadai, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Memperburuk gejala rematik

Rematik merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan gejala seperti persendian kaku, bengkak, terutama di jari-jari tangan atau kaki.

Bila Anda mengidap penyakit ini, sebaiknya menghindari mandi di malam hari karena kegiatan ini dapat membuat tubuh Anda kedinginan.

Mengutip jurnal Reumatologia Clinica, suhu yang terlalu dingin dapat memperparah gejala rematik, terutama bagi orang yang sudah lanjut usia.

2. Menyebabkan otot kaku

Bahaya mandi malam hari tidak hanya terjadi pada penderita rematik, tetapi juga pada masyarakat secara umum, terutama bila mandi menggunakan air dingin.

Suhu udara yang dingin di malam hari ditambah air dingin yang mengguyur tubuh dapat membuat suhu tubuh menurun.

Kondisi ini dapat menurunkan sirkulasi darah dan menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan kaku.

Terlebih lagi, bila mandi malam dilakukan sebelum tidur, hal ini tentunya dapat mengganggu waktu istirahat Anda. 

3. Bisa menyebabkan flu

Flu atau masuk angin seringkali disebut-sebut sebagai salah satu bahaya mandi di malam hari.

Hal ini ada benarnya sebab virus dapat berkembang biak lebih cepat bila suhu tubuh dingin.

Teori ini sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian termasuk yang dilakukan oleh Yale University tahun 2015.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa virus yang menginfeksi rongga hidung yang bersuhu dingin lebih mudah menimbulkan penyakit influenza daripada yang menginfeksi rongga hidung bersuhu hangat.

4. Berisiko terkena bronkitis akut

Mandi malam memang tidak secara langsung memicu bronkitis akut, yakni kondisi ketika saluran pernapasan menuju paru-paru, mengalami peradangan.

Hal ini karena bronkitis akut umumnya disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan. 

Namun, mengutip situs Johns Hopkins Medicine, penyakit ini dapat dipicu oleh sejumlah faktor, salah satunya adalah suhu lingkungan yang terlalu dingin dan kering. 

Saat mandi di malam hari, suhu lingkungan menjadi lebih dingin dan lembap. Hal ini dapat membuat saluran pernapasan menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap infeksi.

5. Asma berisiko kambuh

Selain menyebabkan paru-paru basah, bahaya mandi malam hari lainnya adalah dapat membuat asma Anda kambuh.

Perubahan suhu yang tiba-tiba menjadi dingin dapat memicu gangguan pada saluran pernapasan Anda.

Hal ini disebutkan oleh studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical and Translational Allergy.

Di samping asma, Anda yang memiliki riwayat penyakit pernapasan lainnya seperti sinusitis juga bisa kambuh akibat mandi di malam hari.