Berita  

Pemkab Kolut Luncurkan Program Penanganan Stunting, Salah Satu Langkah Konkrit Melalui Pemberian Makanan Gratis

Pj Bupati Kolaka Utara, Yusmin, menyapa salah satu anak sekolah di kegiatan peluncuran program penanganan stunting. Rahman M/Timurterkini.com

Kolut, Timurterkini.com – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), terus berupaya dalam menangani dan mencegah stunting di wilayahnya.

Salah satu langkah konkret yang diambil adalah melalui peluncuran program pemberian makanan bergizi secara gratis kepada anak sekolah, Kamis (3/10/2024).

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pelepasan benih ikan dan penanaman holtikultura di lahan tidur yang terletak di wilayah Lasusua.

Program pemberian makanan bergizi ini akan dilaksanakan sebanyak tiga kali seminggu hingga Desember 2024 dengan target sekitat 2.000 anak dari jenjang TK, SD, dan SMP.

Sekda Kolaka Utara, Dr. Taupiq menekankan pentingnya program yang dilaksanakan hari ini untuk menurunkan angka stunting, dan hasilnya akan dievaluasi pada akhir tahun.

“Meskipun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD) 2024 yang tersedia terbatas, program ini akan mencakup 28 sekolah yang tersebar di 15 Kecamatan di Kolaka Utara,” bebernya.

Kegiatan yang di launching Pj. Bupati Kolaka Utara, Yusmin, dalam sambutannya menyampaikan komitmennya untuk memperluas jangkauan program agar semua siswa mendapatkan akses makanan gratis.

Selain itu, Yusmin juga mendorong pemanfaatan lahan kosong untuk penanaman sayur mayur, serta mengizinkan masyarakat memanfaatkan ikan-ikan yang telah dibudidayakan untuk kebutuhan konsumsi

“Ikan ini kelak silahkan ditangkap untuk dikonsumsi, asal buakan untuk dijual,” kata Pj Bupati Kolaka Utara, Yusmin.

Yusmin juga menekankan beberapa rencana ke depan, seperti pemberian baju dan sepatu gratis bagi anak-anak, penyediaan fasilitas kendaraan untuk dokter spesialis, serta penambahan unit mobil pemadam kebakaran di setiap Kecamatan.

Di akhir sambutannya, Yusmin tak lupa mengingatkan seluruh ASN agar tetap netral dan fokus melaksanakan tugas mereka dengan baik, demi kesuksesan Pilkada yang damai dan lancar.

“Siapapun yang terpilih adalah putra terbaik Kolaka Utara,” ujarnya.