Berita  

Bandara Sangia Nibandera Siap Layani Keberangkatan 354 Calon Jemaah Haji Kolaka

Bandar Udara Sangianibandera Tanggetada, Kabupaten Kolaka. (Dok. Timurterkini.com)

Kolaka, Timurterkini.com – Bandar Udara Sangia Nibandera telah siap mendukung penerbangan jemaah calon haji (JCH) 2023 Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara menuju Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kami dari Bandara Sangia Nibandera mendukung kelancaran keberangkatan calon jemaah haji 2023” kata Kanit AVSEC Bandara Sangia Nibandera, Muhammad Rizal pada Timurterkini.com, Rabu (07/06/2023).

Ia mengatakan, pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, calon jemaah haji menggunakan penerbangan reguler bukan carter, sehingga calon jemaah haji gabung dengan penumpang umum.

“Untuk persiapannya tidak ada yang terlalu signifikan, karena sifatnya seperti pelayanan biasa seperti pemeriksaan penumpang yang bukan jemaah haji,” katanya.

Rizal mengatakan parkiran bandara untuk keluarga calon jemaah haji yang berbondong-bondong ke bandara untuk mengantar cukup memadai.

“Alhamdulillah parkiran kita cukup memadai, apalagi penerbangan untuk jemaah haji hanya 2 penerbangan, yaitu pagi dan siang,” ungkapnya.

Rizal mengungkapkan keberangkatan jemaah haji tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana tahun ini interval waktu penerbangan cukup lama dibandingkan tahun lalu dimana setiap jam ada penerbangan.

“Kita tau bersama kalau keberangkatan jemaah haji itu, 1 jemaah hajinya pengantarnya biasanya 1 kampung, jadi dari pihak bandara rencananya akan membuat tenda untuk para pengantar seahingga tidak terfokus di terminal,” ungkapnya.

Pihak bandara juga mengingatkan bagi keluarga pengantar jemaah haji agar tidak masuk kedalam terminal bandara.

Keberangkatan jemaah haji dari Kolaka ke Makassar selama 3 hari, mulai dari tanggal 8 sampai 10 Juni, dimana setiap hari terdapat 2 penerbangan untuk calon jemaah haji yaitu jam 09.00 WITA dan jam 14.00 WITA.