Berita  

Beberapa Pekan Kemarau, Hutan dan Lahan Terbakar

Personil Polres Mamasa dan masyarakat yang memadamkan api, di Desa Osango, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulbar, Kamis malam (7/9/23). (Dok. Humas Polres Mamasa)

Mamasa, Timurterkini.com — Beberapa pekan terakhir kemarau panjang, yang membuat hutan dan lahan milik Daud sekitar 1 hektare di dusun rantekatoang Desa Osango, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulbar dilalap sijago merah.

Kebakaran terjadi pada, Kamis malam  (7/9/23) pukul 19.00 wita yang berada di sekitaran pemukiman warga. Berdasarkan itu, pihak kepolisian kemudian melakukan monitoring kebakaran hutan dan lahan.

Kapolsek Mamasa Iptu Reynhard menjelaskan berdasakan keterangan warga sekitar bahwa kebakaran hutan dan lahan disekitaran terjadi pukul 19.00 wita.

“Setelah melihat api membesar di hutan dan lahan warga, mereka langsung menghubungi kami,” terangnya.

Lanjutnya, kebakaran tersebut di perkirakan terjadi karena kemarau panjang yang telah melanda Kabupaten Mamasa beberapa pekan ini ditambah angin yang cukup kencang.

“Apalagi rumput kering yang mempercepat kobaran api merambat,” ujarnya.

Ia mengaku, meskipun tidak ada korban jiwa namun di perkirakan 1 Hektare hutan dan lahan yang terbakar.

“Apalagi personil polres Mamasa dan polsek Mamasa bersama masyarakat melakukan pemadaman secara manual, sambil menunggu Damkar Mamasa tiba di TKP,” akunya.

Ia menghimbau warga yg dekat lokasi kebakaran agar lebih berhati-hati. Dan pada pukul 19.45 wita 1 unit Damkar Mamasa tiba di TKP.

“Untungnya, pada pukul 21.30 wita api baru berhasil dipadamkan,” sebutnya.