Berita  

Berikan Pemahaman ke Masyarakat, Dinkes Kendari Mengadakan Rembuk Stunting

Rembuk Stunting di Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Kota Kendari. Rahman/Timurterkini.com

Kendari, Timurterkini.comDinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari beberapa hari lalu mengadakan rembuk stunting di Kelurahan Kadia.

Rembuk stunting ini juga diikuti warga dengan membekali pemahaman kepada mereka terkait penanganan dan sosialisasi pencegahan stunting.

“Di situ (saat rembuk stunting, red) kita bahas apa itu stunting, bagaimana itu stunting, dan hal-hal yang terkait dengan stunting,” kata Lurah Kadia, Yance Sampe, Rabu (11/9/2024).

Pembekalan pemahaman tentang dasar-dasar stunting ini, menurut Yance, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga terkait pentingnya pembahasan stunting. Warga pun diharapkan dapat mencegah lebih dini dampak dari stunting.

Yance menyebut beberapa kasus stunting yang sedang dialami warga di Kota Kendari.

“Data terakhir yang kami terima, 2 balita stunting. Tapi ada data yang belum sempat dirilis, malah semakin banyak, ada 16 anak, tapi belum ditayangkan itu datanya,” ucapnya.

Yance mengatakan banyak faktor yang menyebabkan terjadinya stunting, antara lain sumber daya manusia yang tidak memahami stunting, pernikahan dini, faktor lainnya.

“Diharapkan (pasangan) jangan menikah terlalu dini, kemudian dari infrastrukturnya karena lingkungan tidak bersih, bisa juga menyebabkan anaknya terkena stunting,” jelasnya.

Ia menyebut potensi anak terkena stunting yakni umur di bawah lima tahun. Menurut Yance, identifikasi awal stunting biasanya dilihat dari tidak berkembangnya pertumbuhan anak.

“Tapi ada juga anak yang memang sudah keturunan itu pendek, tapi nanti kelihatan pada saat lima tahun tidak ada pertumbuhan badannya yang bagus beberapa terkena stunting,” katanya.

Yance berharap Kelurahan Kadia bisa terbebas dari stunting. Untuk mewujudkan itu dia menilai perlunya ketersediaan infrastruktur dan sumber daya manusia yang memadai untuk edukasi sehingga dapat mengetahui bahaya dari stunting.