Berita  

Dua Bakal Paslon Toraja Utara Jalani Tes Kesehatan dan Narkoba

Dua Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara Tes Kesehatan di RS Unhas Makassar, Minggu (1/9/24). (Dok. Istimewa)

Toraja Utara, Timurterkini.com — Dua Bakal Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara jalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit (RS) Unhas Makassar.

Dua bakal Paslon tersebut yakni Yohanis Bassang-Marten Rantetondok dan Dedy Palimbong-Andrew Branch Silambi sementara memeriksakan kesehatan di RS Unhas mulai hari ini, Minggu (1/9/24).

Tes Kesehatan tersebut sebagai salah satu syarat kelayakan penetapan calon bupati dan calon bupati toraja utara.

Komisioner KPU Toraja Utara, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan, Semuel Rianto Tappi menyampaikan dua bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara menjalani pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan Penyalahgunaan Narkoba di RS Unhas.

“Itu sesuai dengan Keputusan KPU nomor 1090 tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024,” terangnya melalui via WhatsApp Minggu (1/9/24).

Adapun pemeriksaan kesehatan, diketahui terdiri dari beberapa item seperti anamnesis dan analisis riwayat Kesehatan, pemeriksaan jiwa (rohani), pemeriksaan fisik (Jasmani), pemeriksaan penunjang wajib, pemeriksaan penunjang lainnya, pemeriksaan penunjang atas indikasi sesuai dengan kebutuhan atas pertimbangan dokter pemeriksa.

Selain pemeriksaan Kesehatan jasmani dan rohani, Tim Pemeriksa Kesehatan melaksanakan pemeriksaan penyalahgunaan
Narkotika.

Semuel mengaku, adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sejak pagi hari, dan sampai saat ini masih terdapat bakal paslon yang masih menjalani proses pemeriksaan kesehatan dan Narkoba.