Berita  

Kantor Pertanahan Toraja Utara Sosialisasi Pencegahan Sengketa, Konflik dan Perkara Pertanahan

Kacabjari Toraja Utara, Alexander Tanak, saat memberikan materi di rumah makan ayam penyet, Rantepao,Toraja Utara, Rabu (23/10/24). (Dok. Zul/Timurterkini.com)

Toraja Utara, Timurterkini.com — Kantor Pertanahan Toraja Utara tahun anggaran 2024 melaksanakan sosialisasi pencegahan sengketa, konflik dan perkara pertanahan di rumah makan ayam penyet, Rantepao,Toraja Utara, Rabu (23/10/24).

Kegiatan Sosialisasi Dibuka langsung oleh Kepala Pertanahan Toraja Utara, Johanis Buappi dihadiri camat, kepala lembang dan lurah se-kecamatan Kesu. Demgan narasumber dari Kepala Cabang kejaksaan Rantepao, pihak Polres Toraja Utara, Camat dan Kepala Pertanahan Toraja Utara.

Kepala Pertanahan Toraja Utara Johanis Buappi, mengatakan, sosialisasi pencegahan sengketa, konflik dan perkara pertanahan dilaksanakan oleh kantor pertanahan tahun anggaran 2024 khususnya bagi kecamatan Kesu.

Lanjutnya, sosialisasi ini untuk agar aparat pemerintah yakni camat, lembang dan lurah bisa mengantisipasi sejak dini apabila terjadi sengketa, konflik, dan perkara pertanahan.

“Tentunya dengan cara mencegah terjadinya masalah di wilayah kerja masing-masing yang ada di kecamatan Kesu,” terangnya.

Iapun berharap kepada peserta sosialisasi bisa menjadi perpanjangan tangan atau memberi informasi terkait aturan yang disampaikan.

“Sehingga jika terjadi sengketa (Konflik) perkara pertanahan bisa di cegah dan tidak terjadi di wilayah kerja kepala lembang/lurah dan camat” harapnya.