Berita  

Pemkab Toraja Utara Teken MoU dengan Konsorsium Yaku Payopayo Pada Pengembangan Kopi Adaptif

Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Ir. Amos Sarungallo, Mewakili Bupati Toraja Utara yang menandatangani MoU Pengembangan Kopi Adaptif dengan Konsorsium YAKU-PAYOPAYO di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara, Marante, Selasa (5/6/24).

Toraja Utara, Timurterkini.com — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melakukan penandatanganan Kerja Sama (MoU) Pengembangan Kopi Adaptif dengan Konsorsium Yaku-Payopayo di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara, Marante, Selasa (5/6/24).

Penandatangan Kerja Sama yang berlangsung pada kegiatan Kick Off Meeting, Penguatan Ketahanan Kelompok Perhutanan Sosial Terhadap Perubahan Iklim Melalui Pengembangan Kopi Adaptif ini dilakukan oleh Asisten Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Ir. Amos Sarungallo mewakili Bupati Toraja Utara dan Direktur Konsorsium Payopayo Angga Pratama Syamsuddin.

Untuk diketahui, Konsorsium Yaku-Payopayo merupakan organisasi non-pemerintah dengan beranggotakan Yayasan Aku Rimba Indonesia dan Sekolah Rakyat Petani (SRP) Payo-Payo yang ditunjuk menjadi pelaksana program Pengembangan Kopi Adaptif di Toraja Utara.

Sementara untuk pendanaan program bersumber dari Dana Kerja Sama Republik Korea (ROK) (BKCF) Brunei Darussalam – Indonesia – Malaysia – Filipina East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA).

Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Ir. Amos Sarungallo menyambut baik atas dipilihnya Toraja Utara sebagai daerah pelaksanaan program.

Lanjutnya, penandatanganan kerja sama program dengan Konsorsium ini menjadi salah satu wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam memajukan kopi sebagai komoditas perkebunan unggulan.

“Yang tentu diharapkan dapat meningkatkan antusiasme dan kesejahteraan petani kopi,” terangnya.

Ia mengaku, berdasarkan informasi yang diterima, terdapat 5 lembang/kelurahan yang dipilih sebagai lokasi pelaksanaan program Pengembangan Kopi Adaptif di Toraja Utara, yakni Lembang Nanna Nanggala, Lembang Karre Penanian, Lembang Basokan, Lembang Sa’pan Kua-Kua, dan Kelurahan Bokin.