Berita  

Pemkab Toraja Utara Teken MoU dengan Konsorsium Yaku Payopayo Pada Pengembangan Kopi Adaptif

Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Ir. Amos Sarungallo, Mewakili Bupati Toraja Utara yang menandatangani MoU Pengembangan Kopi Adaptif dengan Konsorsium YAKU-PAYOPAYO di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara, Marante, Selasa (5/6/24).

Ia menjelaskan, bahwa output yang akan diperoleh dari program ini yaitu 500.000 bibit Kopi Adaptif yang tahan terhadap perubahan iklim, Fasilitas laboratorium dan pembibitan untuk pengembangan kopi adaptif, Produk kopi reguler yang kompetitif dan terjangkau untuk semua orang, dan Platform Sistem Informasi Desa.

Ia mengungkapkan, selain dikenal sebagai produsen Kopi berkualitas terbaik, Kabupaten Toraja Utara terpilih menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi sebagai lokus pengimplementasian program ini dengan melihat sebaran tanaman kopi di Toraja Utara yang sebagaian besar berada di dalam kawasan hutan.

Ia menambahkan, diketahui pula bahwa produksi kopi dari Toraja Utara mengalami penurunan signifikan pada tahun 2021 yang mencapai 7.211 ton turun dan tahun 2023 menjadi 5168 ton atau 28 persen.

“Melalui program ini semoga produksi kopi dari Toraja Utara dapat mengalami peningkatan dan turut berimplikasi pada kesejahteraan petani kopi,” tambahnya.