Berita  

KKN USN Kolaka Ingatkan Pentingnya Menjaga Kebersihan

Foto Bersama Mahasiswa KKN USN Kolaka Dengan Para Murid TK Yaa Bunaya, Desa Wonualaku, Kecamatan Iwoimenda, Kabupaten Kolaka.

Kolaka, Timurterkini.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Angkatan XI Tahun 2024, kembali menunjukkan kontribusinya dalam meningkatkan kesehatan anak melalui program hidup sehat dengan sosialisasi cuci tangan yang benar di Kecamatan Iwoimenda, Kabupaten Kolaka, Senin (9/9/2024).

Program yang mengusung tema “Cuci Tangan Sebelum Makan Sebagai Penunjang Awal Kesehatan Diri” ini berlangsung pada Kamis, minggu ke tiga Agustus dan disambut dengan antusiasme tinggi oleh para siswa dan guru.

Salah satu fokus utama dari program ini adalah penyuluhan tentang cara hidup sehat. Para mahasiswa KKN USN Kolaka memberikan pemahaman kepada siswa TK Yaa Bunaya mengenai pentingnya cuci tangan sebelum makan dan setelah beraktivitas diluar ruangan untuk menghindari dari gangguan kesehatan. Dalam penyuluhan ini, disampaikan informasi mengenai cara cuci tangan yang baik dan benar kepada para siswa TK Yaa Bunaya.

Bagian lain yang tak kalah penting dari program ini adalah penyuluhan mengenai cara hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan diri sendiri. Para mahasiswa memberikan demonstrasi langsung mengenai cara cuci tangan yang sesuai.

Penyuluhan ini juga melibatkan siswa secara langsung untuk mempraktikkan cara cuci tangan yang benar dengan dipandu oleh para Mahasiswa KKN Desa Wonualaku.

Dalam kesempatan tersebut, para siswa diingatkan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penyakit seperti diare, sakit perut, cacingan dan gangguan kesehatan lainnya.

Kordinator Desa KKN, Septian Dwi Cahyo menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat kepada anak-anak sejak dini.

“Dengan cara hidup sehat yang baik dan kebiasaan menjaga kesehatan diri sendiri dengan cuci tangan yang baik dan benar, harapan kami anak-anak di Desa Wonualaku akan lebih memperhatikan kesehatan,” ujarnya.

Ia juga berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Kolaka untuk lebih memperhatikan aspek kesehatan siswa.

Program KKN USN Kolaka di Desa Wonualaku ini merupakan salah satu dari banyaknya program yang dijalankan oleh mahasiswa untuk memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

“Semoga kegiatan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah di Kabupaten Kolaka,” bebernya.