Berita  

KPU Sultra Mulai Salurkan 24.462 Bilik Suara Pemilu 2024

Ilustrasi. (Dok. KPU)

Kendari. Timurterkini.comKPU Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai menyalurkan bilik suara Pemilu 2024 berjumlah 24.462 ke seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

Bilik suara akan disalurkan ke tempat pemungutan suara (TPS) di Sultra sebanyak 8.154 yang tersebar di 17 kabupaten/kota dengan jumlah bilik yang dibutuhkan untuk setiap TPS sebanyak 3 dikalikan 8.154.

“Berarti jumlah keseluruhannya adalah 24.462 bilik kita distribusikan, dan alhamdulillah tadi malam sudah kami tuntaskan secara keseluruhan di 17 kabupaten/kota,” ungkap Ketua KPU Sultra, Asril dikutip dari Telisik.id, Selasa (17/10/2023).

Dalam menyalurkan bilik suara tersebut, Asril menyebut, pihaknya meminta peran serta TNI/Polri untuk mengawal pengamanan pada saat distribusi ke kabupaten/kota.

“Kita tetap dalam proses pengawalan kepolisian untuk memastikan keamanan dari logistik tersebut, dengan mekanisme atau metode yang dilakukan pihak kepolisian sesuai informasi yang kami dapat, mereka itu model estafet,” ungkapnya.
Model estafet yang dilakukan guna memantau agar bilik suara tersebut tetap aman saat pendistribusian ke kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

“Pergerakan inilah dari provinsi menuju kabupaten/kota tentu ini butuh pengawalan, dikontrak kami dengan ekspedisi itu kami menunggu digudang masing-masing,” jar Asril.

Asril juga berharap dengan keterlibatan kepolisian, memastikan keamanan dari perjalanan bilik suara ini sebagai kelengkapan logistik pada Pemilu 2024 ini terdistribusi ke seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

Sementara untuk kotak suara akan tiba dalam waktu dekat, dengan jumlah 5 kotak suara di kali 8.154 TPS di Sulawesi Tenggara.

“Kotak suaranya ini dalam waktu dekat tiba sekarang sudah dalam perjalanan, jadi jumlah kotak suara ini lebih banyak dari bilik. Dari jumlah TPS 8.154 dikali 5 kotak, sehingga kita siapkan adalah 40.770,” jelasnya.