Berita  

Menjelang Pilkada 2024, Dukcapil Sidrap Buka Pelayanan di Hari Sabtu

Kepala Dinas Dukcapil Sidrap, Andi Patahangi Nurdin. Wawan/Timurterkini.com

Sidrap, Timurterkini.com – Menjelang Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sidrap membuka pelayanan di hari Sabtu.

Pelayanan tersebut dilakukan di Kantor Dinas Dukcapil Sidrap yang terletak di Kompleks SKPD Sidrap, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watang Pulu.

Langkah ini guna memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan yang diperlukan untuk menyalurkan hak pilihnya. Dengan demikian, partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi dapat meningkat.

Kepala Dinas Dukcapil Sidrap, Andi Patahangi Nurdin mengatakan bahwa pihaknya membuka pelayanan pada hari Sabtu dalam rangka menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Kami membuka pelayanan setiap hari Sabtu pada bulan Oktober sampai pelaksanaan pilkada tahun 2024. Pelayanan mulai Pukul 08.30 sampai dengan 13.00 Wita,” jelasnya Kamis (3/10/2024).

Patahangi memaparkan, pelayanan yang diberikan berupa perekaman KTP elektronik, pencetakan KTP elektronik, dan aktivasi KTP digital.

“Jadi ada beberapa pelayanan yang dilakukan,” bebernya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Sidrap menerapkan lima hari kerja setiap pekannya. Artinya di hari-hari biasa, instansi pemerintah setempat termasuk Dinas Dukcapil melakukan operasional Senin hingga Jumat.