Berita  

Momentum Hari Bhakti Adhyaksa, Diharapkan Bekerja Secara Profesional

Kejari Mamasa, H. Musa yang memimpin Upacara di peringatan Hari Bhakti Adhyaksa, di depan kantor Kejaksaan Negeri Mamasa, Sabtu (22/7/2023).(Sakaria/Timurterkini.com)

Mamasa, Timurterkini.com  — Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Kejaksaan Negeri Mamasa diharapkan semakin profesional dalam menegakkan hukum.

Peringatan hari berdirinya Kejaksaan Republik Indonesia umumnya diperingati sebagai Hari Bhakti Adhyaksa, tanggal 22 Juli 2023 yang 63 tahun.

Dalam peringatan Hari Bhakti Adhyaksa tahun 2023 ini, Kejaksaan RI mengusung tema “Penegakan hukum yang tegas dan humanis mengawal pembangunan Nasional” untuk menjadi pedoman bagi seluruh insan adhyaksa dalam melakukan penegakan hukum dan pelayanan kepada masyarkat.

Kepala Kejaksaan Negeri Mamasa, H. Musa mengajak seluruh jajaran untuk senantiasa mengembangkan dirinya dalam hal keterampilan hukum dan pengayaan nilai-nilai kedilan, agar penegakan hukum dapat mewujudkan keadilan tanpa cela.

Hal ini disampaikan Kejari Mamasa, H. Musa usai upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa yang dilaksanakan didepan kantor Kejaksaan Negeri Mamasa, Sabtu (22/7/2023).

Lanjutnya, sehingga terwujud keadilan yang hakiki bagi masyarakat pencari keadilan.

“Yang mana tentu dilakukan secara Humanis, sesuai arahan jaksa agung, sambil mengawal pembangunan di Mamasa,” terangnya.

Iapun mengaku, terhadap laporan yang masuk tetap pihaknya tetap mengerjakan secara profesional. Dimana terdapat penanganan perkara yang sedang ditangani ditingkat penyelidikan dan penyidikan Intelijen dan Pidsus.

“Pada momentum ini diharapkan juga agar kinerja Kejaksaan Negeri Mamasa lebih meningkat,” harapnya.

Selain itu, Kejaksaan Negeri Mamasa juga memaparkan capaian kinerja pada kurun waktu semester I tahun 2023, seperti bidang pembinaan dimana realisasi capaian kinerja yang telah tercapai sebesar 63%. Pada Bidang Pidsus 1 perkara pada periode triwulan II telah naik ke tahap penyelidikan, dan juga telah dilakukan eksekusi terhadap putusan pengadilan yakni berjumlah 1 perkara. Bidang Pidum penerimaan SPDP Triwulan II pada bidang pidum ialah sebanyak 22 perkara.

Adapun pada Bidang Intelijen dalam Triwulan II ini telah meraih capaian kinerja diantaranya kegiatan Operasi Intelijen Yustisial yang telah dilimpahkan ke bidang Pidsus yakni sejumlah 1 perkara, kemudian terhadap kegiatan penyuluhan hukum telah dilaksanakan sejumlah 1 kegiatan dengan jumlah audiensi sebanyak 50 orang, lalu kegiatan Penerangan Hukum sebanyak 1 kegiatan dan sudah mencapai target sesuai POK, selanjutnya kegiatan Jaksa Masuk Sekolah telah terealisasi 1 kegiatan dari 4 kegiatan sebagaimana tercantum di POK, kemudian kegiatan Pelayanan Hukum Gratis bidang perdata ialah sebanyak 1 kegiatan, dan pelayanan Hukum Gratis bidang pidana ialah sebanyak 2 kegiatan, selain itu Kejaksaan Negeri Mamasa juga menerima Permohonan Pengamanan Pembangunan Strategis sebanyak 10 proyek, namun yang dinyatakan diterima untuk dilakukan Pengamanan Pembangunan Strategis ialah sebanyak 7 proyek.


Ia menambahkan, adapun pada Bidang Perdata dan TUN telah melakukan penyelesaian perkara Perdata dan TUN yakni 7 kegiatan Bantuan Hukum , 12 Kegiatan Bantuan Hukum, dan Pelayanan Hukum, dan 12 kegiatan Pelayanan Hukum, selain itu terhadap kinerja MOU ialah sebanyak 5 Kegiatan, SKK sebanyak 7 Kegiatan, dan pendampingan hukum ialah sebanyak 12 kegiatan, adapun total penyelamatan dan pemulihan keuangan negara melalui jalur Perdata dan TUN pada periode Triwulan II ini ialah sebesar Rp. 42.884.434. Dan Bidang PB3R dengan barang bukti pada tahun 2023 sebanyak 15 perkara dengan jumlah penerimaan barang bukti sejumlah 114 barang bukti.