Berita  

Musim Haji Berkah bagi Pedagang Dadakan di Area Bandara Sangia Nibandera

Sejumlah pedagang musiman berjejeran di sekitar area Bandara Sangia Nibandera jelang pemberangkatan Calon Jemaah Haji. (Dok: Rahman/Timurterkini.com)

Kolaka, Timurterkini.com – Sejumlah pedagang musiman terlihat di area Bandara Sangia Nibandera Tanggetada, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (08/06/2023).

Kedatangan sejumlah pedagang ini tepat dimomen pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) di Kabupaten Kolaka yang dimulai hari ini.

Berdasarkan pantauan Timurterkini.com di Bandara Sangia Nibandera, berbagai jenis jajanan dijual. Mulai dari buah-buahan hingga makanan instan seperti indomie dan banyak lagi.

Pasalnya dimomen ini, ratusan sanak keluarga CJH memadati area parkiran dan ruang tunggu Bandara untuk menyaksikan keberangkatan keluarganya menuju Makassar sebelum akhirnya bertolak menuju Mekkah Arab Saudi.

Usman misalnya, salah satu keluarga CJH asal Desa Lalonggolosua, Kecamatan Tanggetada, Kolaka, mengaku bahwa kedatangannya di Bandara sejak pagi tak lain untuk mengantar mertuanya menuju Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dengan adanya penjual jajanan di area Bandara, ia bersama pengantar lainnya dapat menikmati makanan maupun minuman sembari menunggu keberangkatan pesawat.

“Dengan adanya pedagang ini tentu kita sebagai keluarga atau pengantar calon Jemaah Haji tidak kesulitan jika ingin mengemil atau minum sambil menunggu pesawat berangkat,” tutur Usman kepada wartawan Timurterkini.com.

Dilokasi yang sama, Fajar salahsatu pedagang mengaku berkah dengan pemberangkatan Calon Jemaah Haji saat ini karena kembali bisa berjualan meski hanya 3 hari lamanya.

“Tentu ini berkah karena kita dapat menjual, setiap musim haji tentu juga menjadi momen kita berjualan, soalnya banyak pengantar yang membutuhkan makanan atau minuman,” kata Fajar sembari melayani pembelinya.

Berbagai jenis jajanan terlihat di lapak milik Fajar, mulai dari Pop Ice, es buah hingga makanan cepat saji seperti nasi kuning dan indomie.

Sebelum akhirnya berjualan di area Bandara, kata Fajar, terlebih dulu mendirikan tenda. Persiapan itu dimulai beberapa hari sebelum hari ini.

“Jadi persiapannya beberapa hari mendirikan tiang hingga tenda yang bersifat sementara. Jadi kita menjual hanya 3 hari saja karena pemberangkatan hanya 3 hari juga, tapi alhamdulillah berkah sedikit bisa mendapat rezeki,” terangnya.

Untuk diketahui, sebanyak 87 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Kolaka diberangkatkan ke Makassar dari Bandara Sangia Nibandera di Tanggetada hari ini, Kamis (8/6/2023).

Penerbangan pertama berjumlah 25 jemaah dan 62 pada penerbangan kedua.

Mereka diberangkatkan menggunakan pesawat Wings Air. Pesawat ini berangkat dari Bandara Sangia Nibandera pukul 09.00 WITA.