Berita  

Pemkab Konawe Kukuhkan 76 Anggota Paskibraka

76 Anggota Paskibraka Konawe resmi dikukuhkan, siap Kibarkan Bendera Merah Putih. Aldi/Timurterkini.com

Konawe, Timurterkini.com – Sebanyak 76 pelajar dikukuhkan sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (15/8/2024) malam di Hotel Nugraha Konawe.

Pengukuhan Paskibraka ini dilakukan oleh Pj Bupati Konawe, Stanley, yang baru saja dilantik. Dia menyatakan bangga kepada seluruh anggota Paskibraka yang telah menunjukkan semangat dan dedikasi tinggi.

Stanley menilai bahwa Paskibraka yang dikukuhkan adalah putra-putri terbaik bangsa, khususnya Kabupaten Konawe, yang terpilih untuk mengemban tugas mulia pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kehormatan ini tidak hanya milik kalian, tetapi juga kebanggaan bagi seluruh masyarakat Konawe,” ucap Stanley.

Latihan yang sudah dilalui oleh para anggota Paskibraka, menurut Stanley, bukan sekadar persiapan untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada peringatan Kemerdekaan RI, melainkan juga sebagai proses penting dalam pembentukan karakter.

“Anggota Paskibraka telah belajar tentang kedisiplinan, kerja sama tim, kepemimpinan, dan tanggung jawab. Nilai-nilai inilah yang akan sangat berguna bagi masa depan,” tegasnya.

Untuk itu, Stanley berharap semangat juang yang ditunjukkan oleh Paskibraka Kabupaten Konawe akan menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat dalam mengisi kemerdekaan dengan karya dan dedikasi terbaik.

Mantan Kepala Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Maluku Utara ini juga memotivasi kepada anggota Paskibraka agar menjadi generasi yang inovatif, kreatif, dan berdaya saing.

“Dengan begitu, kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan bangsa tetap dapat terjaga hingga generasi berikutnya,” kata Stanley.

Para anggota Paskibraka Konawe, kata Stanley, sudah menyatakan ikrar dan juga telah disematkan kendit gird sebagai tanda resmi menjadi Paskibraka Kabupaten Konawe tahun 2024.

Ia juga mengucapkan selamat atas keberhasilan anggota Paskibraka yang telah melalui berbagai proses. “Semoga pengalaman ini menjadi hal yang membanggakan dan tak terlupakan bagi kalian semua,” ujar Stanley.

Anggota Paskibraka Kabupaten Konawe telah menjalani pra karantina selama tiga hari. Setelah itu, karantina selama 21 hari di Hotel Nugraha. Selain kesiapan pengibaran bendera Merah Putih, pihak panitia juga membekali mereka terkait wawasan kebangsaan dan ideologi.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Konawe, Tery Indria, mengatakan kesiapan 76 anggota Paskibraka yang baru dikukuhkan telah mencapai 100 persen.  

Tery berharap pada tanggal 17 Agustus nanti seluruh anggota Paskibraka tetap semangat dan banyak berdoa demi kelancaran saat mengibarkan bendera Merah Putih.

“Proses awal perekrutan sampai dengan proses pelatihan saya ikuti dan saya salut sama mereka dan saya bangga terhadap semangat mereka,” kata Tery.

Turut turut saat pengukuhan anggota Paskibraka ini adalah Sekretaris Daerah, Ferdinand Sapaan; Dandim 1417 Kendari, Letkol Inf. Herry Idryanto; Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi; perwakilan dari Kejaksaan Negeri; para Kepala OPD; dan orangtua masing-masing anggota Paskibraka.