Berita  

Penerapan Aplikasi SRIKANDI, Pj Bupati Mamasa Gelar Rapat Via Zoom

Pj Bupati Mamasa, Yakub F Solon saat rapat via Zoom dengan OPD.

Mamasa, Timurterkini.com – Pj Bupati Mamasa, Yakub F Solon mengelar rapat via zoom bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat dalam rangka membahas penerapan Aplikasi Sistim Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di Kabupaten Mamasa, Senin (09/10/2023).

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamasa telah melaunching aplikasi SRIKANDI pada tanggal 5 Oktober 2023 di ruang pola Kantor Bupati Mamasa pertanda bahwa Pemkab Mamasa telah siap menggunakan aplikasi berbasis elektronik itu.

Yakub F Solon meminta semua pimpinan OPD, Camat sampai pemerintah tingkat desa atau kelurahan untuk menggunakan aplikasi SRIKANDI.

Dikatakan, dengan penggunaan aplikasi SRIKANDI para pimpinan OPD bisa menjalankan tugas dimana saja dan pelayanan masyarakat tida terputus.

“Saya minta silahkan bertugas kemana saja, mau ke desa, kecamatan atau tugas luar daerah tetapi gunakan aplikasi SRIKANDI sehinga pelayanan kepada masyarakat tidak terputus,” kata Yakub F Solon.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, Andi Armini Mustapha, menyampaikan beberapa kendala penerapan aplikasi SRIKANDI.

Dikatakan, kendala yang dihadapi untuk menerapkan aplikasi SRIKANDI karena beberapa kepala OPD belum membuat tantangan elektronik dan belum memiliki admin.

Untuk itu, pihaknya akan memberikan pelatihan bagi semua admin OPd dan kecamatan sehingga kedepan tidak ada alasan tidak bisa menggunakan aplikasi SRIKANDI.

“Kita akan berkali ilmu bagi semua admin melalui Bimtek agar semua OPD sampai kecamatan dan desa bisa menggunakan Aplikasi SRIKANDI,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan, setelah semua diberikan pelatihan maka tidak akan ada lagi bentuk persuratan manual dan semua sudah dalam bentuk alikasi.

“Sesuai arahan pak Pj bupati maka sesudah semua admin dibimtek maka segala bentuk persuratan sudah menggunakan aplikasi SRIKANDI,” tutur Andi Armini.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Kominfo Kabupaten Mamasa, Lukman mengatakan, untuk mendukung penerapan aplikasi SRIKANDI maka pihaknya telah menganggarkan pembangunan interner server yang menghubungkan semua OPD dan kecamatan.

“Kita sudah menganggarkan pengadaan internet server sehinga semua data kita aman dan semakin memudahkan kita menerapkan sistim pengarsipan berbasi ITE,” tutup Lukman mengakhiri pembicaraannya.