Berita  

Pj Gubernur Sulbar Fasilitasi Pertemuan Pemda Mamuju dan Mejene Bahas Dana Stimulan Bencana

Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin merespon keresahan masyarakat terkait keterlambatan pencairan bantuan dana stimulan bencana gempa tahap II. Dok: Humas Pemprov Sulbar

Mamuju, Timurterkini.com – Pj Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin merespon keresahan masyarakat terkait keterlambatan pencairan bantuan dana stimulan bencana gempa tahap II.

Untuk itu, atas inisiatifnya, Bahtiar memfasilitasi pertemuan antara Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mamuju dan Majene dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, di Jakarta pada Rabu 4 September 2024 kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Pj. Gubernur Bahtiar didampingi beberapa pejabat, diantaranya Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi, Bupati Majene Andi Sukri Tammalele serta Asisten Pemprov, Kepala Dinas Sosial, Plt Kalaksa BPBD Sulbar, dan Kepala BPBD Kabupaten.

Dari pihak BNPB, Letjen TNI Suharyanto turut didampingi seluruh jajaran direktur BNPB, menunjukkan keseriusan dalam menangani masalah yang disampaikan oleh para kepala daerah Sulawesi Barat.

Plt Kalaksa BPBD Sulbar, Muhammad Yasir Fattah, menjelaskan bahwa langkah yang diambil oleh Pj Gubernur merupakan respon cepat terhadap keresahan masyarakat yang menanti pencairan dana stimulan tahap II.

“Ini respon baik Pj Bahtiar terhadap keresahan masyarakat. Kita hadir di sini atas arahan beliau,” kata Yasir dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/9/24).

Ia juga menambahkan, Pemprov Sulbar hadir hanya untuk memfasilitasi kedua Kabupaten agar dapat berdialog langsung dengan Kepala BNPB.

“Respon BNPB sangat positif dan mereka akan segera menindaklanjuti bantuan tersebut,” tambahnya.

Lebih lanjut, Yasir menyebutkan bahwa hasil pertemuan ini akan diumumkan secara resmi oleh masing-masing BPBD kabupaten setelah seluruh proses difasilitasi oleh Pemprov Sulbar.

“Ini akan menjadi prioritas oleh BNPB dan nantinya BPBD setiap kabupaten yang akan merilis hasil pertemuan ini,” jelas Yasir.

Pj. Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, bersyukur atas hasil audiensi dengan Kepala BNPB yang dinilai sudah memberikan titik terang bagi pencairan dana bencana.

Ia berharap segala proses yang masih berjalan dapat segera tuntas. “Alhamdulillah sudah ada tanda-tanda baik untuk Sulbar pasca bencana. Mohon doa semua agar dilancarkan. Kami terus berjuang bersama untuk masyarakat Sulbar,” ujar Bahtiar.

Dengan pertemuan ini, harapan besar muncul bagi masyarakat Sulawesi Barat yang terdampak bencana gempa, khususnya dalam mendapatkan bantuan tahap II yang sangat dinantikan.