Berita  

Ratusan Polwan Polda Sultra Bersihkan Rumah Ibadah

Polwan Polda Sultra saat membersihkan halaman rumah ibadah. Dok: Humas Polda Sultra

Kendari, Timurterkini.com – Ratusan personel Polisi Wanita (Polwan) dari berbagai satuan di jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) membersihkan rumah-rumah ibadah di Kota Kendari, Jumat (16/8/2024).

Rumah-rumah ibadah yang dikunjungi dan dibersihkan tidak hanya masjid, tapi juga gereja, pura, dan vihara. Kegiatan ini mereka namakan bakti sosial dan bakti religi sebagai rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Polwan pada 1 September mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sultra, Kombes Pol Iis Kristian, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara Polwan dengan masyarakat.

Selain itu, juga meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, khususnya tempat-tempat ibadah yang merupakan simbol kerukunan antarumat beragama di Kota Kendari.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif, baik dalam hal kebersihan lingkungan maupun dalam mempererat ikatan sosial antara Polri dan masyarakat,” harap Iis melalui keterangan tertulis kepada laman ini.

Bakti sosial dan bakti religi ini, kata Iis, juga merupakan bagian dari upaya Polwan Polda Sultra dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa Polwan tidak hanya berperan dalam penegakan hukum, tetapi juga dalam kegiatan kemasyarakatan yang bermanfaat bagi banyak pihak,” tambahnya.

Selain membersihkan rumah-rumah ibadah, para Polwan juga berinteraksi dengan masyarakat setempat, menyampaikan pesan-pesan kebersihan, dan pentingnya menjaga toleransi antarumat beragama.

“Peringatan HUT ke-76 Polwan tidak hanya menjadi momentum untuk merayakan eksistensi Polwan di Indonesia, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antara Polwan dan masyarakat, serta menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari,” beber Iis.