Berita  

Sambut Pesta Demokrasi, Kepala Lembang dan Lurah Diminta Jaga Netralitas

Kepala Lembang yang menandatangani deklarasi damai disaksikan oleh Ketua Bawaslu Toraja Utara, Briken Linde Bonting, Pjs. Bupati Toraja Utara, Amson Padolo di hotel heritage, Selasa (1/10/24). (Dok. Zul/Timurterkini.com)

Toraja Utara, Timurterkini.com — Sebanyak 151 Lembang dan kelurahan yang ada di Kabupaten Toraja Utara ikuti sosialisasi pengawasan pemilihan bagi kepala Lembang/Lurah yang digelar Bawaslu Toraja Utara, di Toraja Hertage Hotel, Selasa (1/10/24).

Pada sosialisasi tersebut terkait Netralitas Kepala Lembang/Lurah dan aparatnya pada pemilihan serentak 2024 yang akan datang. Diketahui yang menjadi pemateri yakni Bawaslu Toraja Utara, Pjs. Bupati Toraja Utara, Amson Padolo dan Prof. Muhammad Alhamid mantan Ketua Bawaslu RI sekaligus anggota DKPP RI.

Pjs. Bupati Toraja Utara Amson Padolo mengatakan kegiatan saat ini adalah sosialisasi pengawasan pemilihan bagi kepala Lembang/Kelurahan.

“Dan tugas kami sebagai Penjabat Sementara untuk memastikan para ASN dan Lembang/Kelurahan menjaga netralitas sehingga proses pemerintahan berjalan lancar,adil dan tertib,” terangnya, Selasa (1/10/24).

Ia juga berharap Toraja Utara dalam menyambut pesta demokrasi ini penuh kegembiraan, dan tidak ada ganguan, dan hambatan serta berjalan dengan lancar.

Sementara ketua Bawaslu Toraja Utara, Briken Linde Bonting mengatakan, pihak bawaslu dalam melakukan sosialisasi untuk memastikan para Kepala Lembang/Lurah menjaga netralitas.

“Utamanya saat ini yang telah memasuki tahapan Pilkada yakni Kampanye. Apalagi sangat rentan saat ini, baik secara sadar maupun tidak sadar dalam pengambilan kebijakan,” ujarnya.

Ia menambahkan, sehingga jika terdapat laporan terkait ketidak netralan Kepala Lembang/Lurah.