Berita  

Siap Kembangkan Pisang, Pemprov Sulbar Berkunjung Ke Pembibitan Pisang Celavendish di Bone

OPD Pemprov Sulbar yang berkunjung bersama Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, Sekprov Sulbar Muhammad Idris serta Kepala Dinas di Kampung Batu Gading Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (25/05/24).

Bone, Timurterkini.com — Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sulbar, berakhir pekan di pembibitan Pisang Cavendish di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Provinsi Sulsel.

Selain ke Sentra Pembibitan Pisang Cavendish OPD Pemprov Sulbar juga melihat langsung pembibitan Pisang Cavendish dan Nanas Madu

Seperti diketahui saat ini terdapat sekitar 200 hektar lahan perkebunan pisang Cavendish di Kabupaten Bone yang perkembangannya telah berbuah sejak April 2024.

Pada kunjungan OPD terkait ini juga nampak hadir Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, Sekprov Sulbar Muhammad Idris serta Kepala Dinas terkait lainnya. Tepatnya di Kampung Batu Gading Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (25/05/24).

Pj Gubernur Sulbar Bahtiar mengajak aparat pemerintahan untuk melihat komoditi pisang yang kelak dapat menjadi potensi untuk dikembangkan di Sulbar. Dimana Sulbar termasuk salah satu daerah penghasil pisang di Indonesia, terlebih pasarnya sudah jelas.

“Lidahnya orang Indonesia tu adalah pisang. Kedua pepaya, ketiga jeruk, keempat Mangga. Masalahnya barangnya terbatas. Sementara pisang di Indonesia dari Aceh-Papua baru bisa terpenuhi 35 persen dan 65 negara minta pisang. Paling laris dan mahal itu pisang Cavendish. Di Indomaret itu kita dapat membelinya seharga 27 ribu per 3 biji,” kata Bahtiar.

Untuk itu, Bahtiar mengajak Pemprov Sulbar untuk mempelajari dan melihat langsung bagaimana proses pembibitan dan penanaman pisang Cavendish di Kabupaten Bone, yang pernah dirintisnya saat menjabat sebagai Pj Gubernur Sulawesi-Selatan.

Ia mengaku, saat ini pohon pisang tersebut telah berbuah dan rencananya akan panen perdana pada bulan Juli 2024.