Berita  

Siap Kembangkan Pisang, Pemprov Sulbar Berkunjung Ke Pembibitan Pisang Celavendish di Bone

OPD Pemprov Sulbar yang berkunjung bersama Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, Sekprov Sulbar Muhammad Idris serta Kepala Dinas di Kampung Batu Gading Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (25/05/24).

Di Sulawesi Selatan sendiri telah terbentuk ekosistem bisnis pisang cavendish yang telah dirintis oleh Bahtiar Baharuddin. Untuk pemasarannya, Pemprov Sulsel telah melakukan MOU dengan perusahaan raja buah Great Giant Foods (GGF) pada Marer 2024. Sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama PT Yas Exports International (YEI) juga telah melakukan penandatanganan kerja sama (memorandum of understanding/MoU) tentang pembelian hasil budidaya pisang cavendish di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (27/11/2023). Ekosistem tersebut dirintis oleh Pj Bahtiar Baharuddin.

Sementara itu Sekprov Sulbar Muhammad Idris berterima kasih atas fasilitasi Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar yang telah membuka peluang ekonomi bagi Sulawesi Barat.

“Kita akhirnya mendapatkan pembelajaran langsung di tempat pengelolaan pisang,” kata Idris.

Menurutnya memang perlu membangun ekosistem yang baik dari pengelolaan pisang dan berharap agar Pj Gubernur Sulbar Bahtiar kembali merintis di Sulawesi Barat khususnya di Kabupaten Majene. Sebab salah satu hasil pertanian di Sulbar adalah jenis tanaman pisang.

“Kedua bagaimana keterlibatan pimpinan untuk mendorong agar masyarakat bisa menjadi bagian yang ikut terlibat dalam industri pengelolaan pisang,” jelas Idris .

Idris pun berkomitmen akan menjemput peluang budidaya pisang di Sulbar, apalagi tanah di Sulbar memiliki Ph yang lebih baik sehingga akan lebih berpotensi. Untuk itu pekan depan akan mulai bergerak melakukan pemetaan lokasi yang cocok untuk pengelolaan pisang.

“Terima kasih gubernur Sulbar atas pembelajaran manfaatnya luar biasa,” pungkasnya.